KabarFoto: Keramba Apung Bantaran Sungai Jeneberang

Kabarkami.id. Sungai Jeneberang yang terletak di perbatasan kab. Gowa dan kota Makassar dulunya merupakan salah satu pusat aktifitas ekonomi bersejarah sejak jaman kerajaan Gowa. Sungai legendaris yang berada dikawasan situs benteng Somba Opu ini sejak dulu telah menjadi sumber penghidupan bagi orang banyak.

Ruh sejarah kebesaran Jeneberang yang sudah lama terbenam perlahan menggeliat dan mengalir ke permukaan, mulai melarut di bantarannya.

Kini, pemandangan sungai Jeneberang nampak berbeda dengan semaraknya hamparan keramba apung yang berderet disepanjang pinggiran sungainya. Warga bantaran sungai Jeneberang pun menyadari ada kehidupan yang lebih baik dibalik aliran airnya yang teduh.

Sejak tahun 2013, warga bantaran sungai memanfaatkan sungai Jeneberang untuk mengembangbiakkan berbagai jenis ikan komersil dan konsumsi dengan cara kontemporer menggunakan keramba apung. Salah satu jenis ikan yang paling favorit dikembangkan warga adalah ikan mas Koi. Berbagai spesies ikan mas Koi bisa ditemukan di keramba apung Jeneberang selain jenis ikan lainnya yang bisa dikonsumsi.

Keramba apung sungai Jeneberang dibangun oleh warga dengan model yang sederhana. Hanya menggunakan material bambu yang dilengkapi dengan jaring. Konstruksinya didesain menyerupai tambak dan bisa menyesuaikan kondisi air.

Melalui arahan dan pembinaan Dinas Perikanan Pertanian (DP2) Makassar, para pengusaha keramba apung sudah berkembang dengan baik dan bisa mendulang keuntungan besar.

Berikut foto-fotonya :

 

, , , ,

1 thought on “KabarFoto: Keramba Apung Bantaran Sungai Jeneberang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *