Makassar Tersisih dari Penghargaan Kota Cerdas

KABARKAMI. Penganugerahan rating kota cerdas (smart city) Indonesia telah berlangsung 11 Desember 2017 silam. Makassar tersisih, padahal piala diberikan langsung oleh orang Makassar, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Surabaya tampil sebagai pemenang untuk kategori kota besar, disusul Bandung, Semarang, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Untuk kota sedang, Denpasar menjadi yang terbaik, disusul Binjai, Manado, Yogyakarta, dan Kediri. Untuk kota kecil, Magelang menjadi pemenang, disusul Sawahlunto, Bontang, Tual, dan bukittinggi.

Apa yang dilakukan oleh kota-kota pemenang tersebut sehingga meraih penghargaan yang penilaiannya dilakukan oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu?

Surabaya menerapkan hampir 100 persen layanan berbasis elektronik (e-government), mulai dari sistem keuangan, SDM, kesehatan, pendidikan, sampai pembuatan akta kelahiran bagi warganya. Pemkot juga menyediakan banyak spot di kota Surabaya yang memungkinkan warganya mengakses internet gratis.

“Penghargaan itu bukan tujuan. Tujuan utamanya, bagaimana agar masyarakat terlayani dengan baik dan lebih sejahtera,” kata Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, sebagaimana dikutip dari Majalah SWA.

Magelang, peraih penghargaan kategori kota kecil, telah menerapkan Automatic Traffic Control System, dimana di setiap lampu merah di kotanya sudah terpasang CCTV yang terkoneksi langsung dengan Dinas Perhubungan.

Selain itu, Magelang juga sudah menerapkan Digital Security System, dimana CCTV terpasang di beberapa lokasi strategis kota dan terkoneksi langsung dengan Kepolisian. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan tingkat keamanan kota.

Semoga Makassar bisa berkembang menjadi kota cerdas sebenarnya!

Foto: Walikota Surabaya menerima penghargaan yang diberikan oleh Wapres Jusuf Kalla (dok. Humas Pemkot Surabaya)

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *