Awan Lolai dan Kabut Pung Torra

Kau mainkan untukku 

Sebuah lagu tentang negeri di awan

Di mana kedamaian menjadi istananya

Dan kini telah kau bawa aku menuju ke sana

Kalau Anda ingin melihat kota Rantepao dari atas, naiklah ke puncak Lolai. Dari sana, ibukota Kabupaten Toraja Utara itu tampak jelas di kejauhan. Kalau Anda tidak bisa melihat Rantepao, itu berarti Anda sangat beruntung. Kenapa? Karena di hadapan Anda terhampar awan putih tebal yang menutupi pemandangan kota.

Lolai memang terkenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan. Lirik lagu Katon Bagaskara di atas jelas bukan khayalan. Sejak terpublikasi, ribuan pengunjung telah menikmatinya. Tenar lewat media sosial, koran, dan televisi. Ketenarannya bahkan telah menggusur kesakralan kuburan tradisional Londa dan Kete Kesu.

Selain Negeri di Atas Awan, Lolai juga menyajikan pemandangan indah sepanjang jalan menuju puncaknya: hutan pinus yang kokoh, bukit-bukit hijau, dan sawah bertingkat yang menghampar luas. Dan di ujung paling puncak Lolai, Anda bisa menikmati Pung Torra, kawasan puncak yang didesain serupa daerah Lembang di Bandung. Pada suatu momen di Pung Torra, Anda akan beruntung diselimuti kabut.

Anda penasaran, silahkan berkunjung ke Lolai!

Foto: Awan Lolai (dok. Parang Tinggiyya Blog); Pung Torra (dok. Penulis)

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *