Buntu Burake dan Patung Yesus Memberkati

Kalau Anda ingin melihat kota Makale dari atas bukit, naiklah ke Buntu Burake. Dari puncaknya, ibukota Kabupaten Tana Toraja berluas sekira 40 km2 itu terlihat jelas tanpa celah. Gunung-gunung yang melingkari kota dan patung Lakipadada dalam lingkaran kolam yang menjadi pusat di tengah kota, semua kelihatan.

Dulu, Buntu Burake bukanlah apa-apa, hanya kesunyian. Tapi semenjak patung Yesus Memberkati dibangun di pucuknya, ribuan kaki telah meninggalkan jejak di tanahnya. Pariwisata Tana Toraja, terkhusus wisata religi, meningkat pesat.

Patung Yesus Memberkati bertinggi 40 meter itu dibuka untuk umum pada Agustus 2015 silam. Diprakarsai oleh Pemkab Tana Toraja dan didukung penuh oleh Pemprov Sulsel. Patung yang menghabiskan anggaran puluhan milliar itu dibuat dari bahan perunggu dan didesain oleh Niel El Fuadi, pematung kelahiran Padang yang berdomisili di Jogja, yang juga telah berhasil membuat patung Habibie-Ainun di kota Parepare.

Di sekitar patung, dibangun pula tangga beton panjang yang menghubungkan pengunjung dengan bukit-bukit di sekeliling patung. Para pengunjung pun bebas berfoto ria dengan ragam posisi dan objek yang menarik.

Anda penasaran, silahkan berkunjung ke Buntu Burake, Tana Toraja!

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *