Sang Petarung Manis

KABARKAMi – “Beladiri yang cenderung ke laki-laki, bagi aku itu salah banget. Karena wanita juga berhak dapat kesehatan dan juga prestasi.” (Inandya Citra)

Siapa yang tahu jalan hidup orang di masa depan. Kadang tertebak; kadang pula di luar dugaan. Dan jalan hidup Inandya Citra jelas di luar dugaan.

Berkuliah di Jurusan Rekayasa Biomedis pada Swiss-German University, Serpong, Banten, orang-orang tentu sudah bisa menebak mau jadi apa perempuan kelahiran Jakarta, 9 Februari 1989, itu nantinya.

Tapi siapa sangka, perempuan manis itu berbelok arah menjadi petarung Modern/Mixed Martial Art (MMA). Padahal waktu kuliah, dia ‘tak pernah sekalipun berolahraga. Gaya hidupnya feminin sekali.

****

Sebenarnya Citra, panggilan akrabnya, sudah punya keinginan menjadi atlet dari dulu, namun ditolak oleh orangtuanya. Hingga saat kuliah, orangtua Citra pun mulai mengizinkannya berolahraga. Bukan apa-apa, orangtua Citra ‘tak suka melihat kebiasaannya yang suka nongkrong sambil merokok.

Tidak main-main, setelah diizinkan, Citra yang kala itu masih berusia 21 tahun memilih olahraga yang lagi beken di Jakarta: beladiri Muay Thai. Olahraga itu pun digelutinya secara serius, dari latihan sampai ikut kompetisi nasional dan internasional.

Orangtua Citra yang melihat anaknya kecanduan Muay Thai mulai mengontrol. Mereka menyuruh Citra menyelesaikan kuliah S1-nya. Citra pun sempat vakum demi mengikuti keinginan orangtuanya.

Setelah kuliah S1 selesai, Citra kembali aktif ber-Muay Thai. Orangtuanya ‘tak kehilangan akal, Citra didaftarkan berkuliah S2 di sekolah bisnis Prasetya Mulya program Manajemen Bisnis. Citra pun mengikutinya.

Namun akhirnya, Citra berkomitmen memutuskan jalan hidupnya sendiri: dia meninggalkan kuliah S2-nya dan memilih Petarung sebagai profesinya.

*****

Dalam pertarungan terakhirnya, Citra mengalami cidera serius di mata kirinya akibat dicolok Melpida Sitohang. Matanya pun harus diperban dan dirawat intensif agar ‘tak mengalami kebutaan.

Bagaimana jalan hidup Citra ke depannya. Apakah dia memilih pensiun sebagai Petarung setelah cidera atau dia memulihkan diri dan kembali bertarung? Kita lihat saja nanti.

Referensi: Reps.id & X.Detik
Foto: Instagram Inandya Citra

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *