Keistimewaan Pantai di Pulau Samalona

KABARKAMi – Sepintas, ‘tak ada yang istimewa dari pantai di Pulau Samalona. Pasir putih, karang, perahu kayu, dan sampah di tepinya, saya rasa hampir semua pantai di Indonesia identik dengan itu. Tapi coba Anda menyelam ke dalam pantainya. Meskipun cuma menyelam di tepian, Anda akan merasakan bedanya.

Ya, menyelam di Samalona, mata Anda akan dimanjakan pemandangan ikan yang berenang di antara karang. Dan itulah yang menjadi ciri khas Samalona selama ini. Ciri khas yang membuat bule-bule gemar berkunjung ke pulau berpenghuni belasan kepala keluarga itu.

Jangan harap Anda bisa mendapatkan pemandangan sama di pantai lain di Makassar. Kenapa? Di pantai lain, cuma air keruh yang akan Anda dapatkan, apalagi setelah proyek reklamasi pantai gencar dilakukan, air laut menjadi gelap dan kotor. Kecuali Anda mau merogoh kocek lebih banyak untuk pergi ke Pantai Bira, Bulukumba, atau Pantai Pinang, Selayar.

*****

‘Tak susah menuju Pulau Samalona. Anda tinggal menyewa kapal seharga Rp 400 ribu pulang-pergi. Dermaganya bisa di Pantai Losari atau di Kayu Bangkoang. Selebihnya, Anda tinggal menyiapkan baju renang, peralatan menyelam, makan siang, dan beberapa keperluan kecil lainnya. Selamat mencoba!

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *