Perihal Tari Saman di Pembukaan Asian Games

KABARKAMi – Sekarang jamannya atraksi tiga dimensi. Orang-orang dalam jumlah banyak berkumpul membentuk formasi berupa simbol, gambar, atau angka, kemudian kamera mengambil gambarnya dari atas. ‘Tak terkecuali saat pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta, sebanyak 1.575 siswa SMA se-Jakarta berkumpul membentuk persegi panjang dan melakukan atraksi tarian.

Ke-1.575 siswa itu berbaris dengan panjang 75 orang dan lebar 21 orang. Mereka kemudian melakukan tari Saman dengan ragam variasi. Hasilnya, cukup mengagumkan. Atraksi tersebut membuat banyak yang menontonnya merinding, baik orang Indonesia sendiri maupun orang-orang di luar Indonesia.

Salma Nur Syahidah, salah satu penari, mengatakan dalam laman Youtube SCTV, …kami selalu latihan di bawah terik matahari jam 2 siang. maka jangan heran kulit kami sekarang belang-belang. memang di setiap pertunjukan yang memukau selalu ada pengorbanan, baik dari koreografer, pelatih, penari, pengatur lighting panggung, komposer musik, penata busana, penata rias, guru” pembimbing, voulenteer yang selalu membantu menertibkan kami (1500 orang), dan masih banyak lagi orang” yang berjasa dia balik ini semua…

…Alhamdulillah malam itu kami tampil maksimal, semua usaha kami dan orang” yang berada di balik nya tak sia-sia. kami sangat bahagia saat orang” yang melihat penampilan kami merasa bangga akan kebudayaan bangsanya. ini adalah malam yang tak akan terlupakan, untuk pertama kalinya saya tampil di acara berskala internasional.Terima kasih kepada INASGOC yang telah memberikan saya kesempatan berpartisipasi di acara yang luar biasa ini. sebuah pengalaman baru, untuk saya yang kaku.

Denny Malik, penari senior yang bertanggung jawab sebagai koreografer dalam tarian tersebut, menjelaskan -sebagaimana dikutip dari Kumparan.com-, “…ucapan salam di tari saman adalah simbol kepribadian bangsa Indonesia yang ramah terhadap bangsa lain.

…Karena ada salam kan itu ada ‘assalamualaikum, kami ucapkan,’ karena satu kita kan mayoritas indonesia Islam, kan ada salawatnya, ada salam buat para audiens, tamu, undangan, delegasi. tepat untuk sebuah tarian selamat datang atau tarian pembuka.Salam kepada undangan yang baru datang, artinya ada pesan

…Kemudian itu tarian yang memang secara kostum aja kan rapi, tertutup sopan, sangat Indonesia, sangat muslim.”

Foto: Athit Perawongmetha, REUTERS

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *