Indonesia: Negara Bersanitasi Terburuk Kedua di Dunia

KABARKAMi – PBB menvonis Indonesia sebagai negara dengan sanitasi terburuk kedua di dunia. Hanya India yang berhasil mengalahkannya. Indikatornya sederhana saja: ada sekira 63 juta penduduk Indonesia yang tidak punya toilet. Artinya, mereka buang air sembarangan.

Di ibukota Jakarta saja, 70 persen kotoran warganya masih terbuang ke selokan dan sungai. Hanya 30 persen ke septic tank dan ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Ini dapat dilihat di daerah lorong-lorong Jakarta, seperti di wilayah Tambora.

Apa akibat dari itu semua? Muncul virus dan bakteri yang bisa membuat warga terserang penyakit kulit dan pencernaan. Kualitas air dan lingkungan menjadi buruk, apalagi kalau wilayah tersebut sudah terkena musibah banjir. Data dari Puskesmas Kecamatan Tambora tahun 2015 menunjukkan, setiap bulan terjadi sekitar 50 kasus diare.

Pemerintah Kota Jakarta telah berupaya mengatasi hal tersebut. Bekerja sama dengan beberapa Yayasan, proyek pembangunan IPAL dilakukan di wilayah padat penduduk sejak 2016. IPAL dihubungkan dengan jaringan pipa dari rumah ke rumah sehingga air limbah bisa dikelola bersama.

IPAL terdiri dari lima sampai enam bak penampungan dan ditanam di dalam tanah. Masing-masing bak memiliki tugas berbeda, diantaranya menampung, memadatkan, dan membusukkan kotoran. Sisa air hasil olahan tinja yang telah memenuhi standar baku mutu bisa dibuang kembali ke sungai. Sementara lumpur kotoran diangkut secara berkala oleh truk kotoran.

Referensi: Detik.

About fachrul khairuddin

View all posts by fachrul khairuddin →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *